Selasa, 15 Mei 2012

PERKEMBANGAN IT


Semakin hari semakin banyaknya perkembangan IT yang mempermudah pekerjaan dan juga aktivitas sehari-hari kita. Untuk kesempatan kali ini saya ingin membahas peranan dunia Websie dalam perkembangannya IT.
memang kita tidak bisa menampik berkembangnya IT di dunia saat ini, tak lebih dari peranan besar dunia Internet yang dimana website termasuk aplikasi internet paling populer saat ini. Saking populernya banyak orang yang mengira bahwa internet dan website atau www adalah sama. Atau bahkan www adalah internet itu sendiri.
Berkembangnya dunia website dan dunia IT mungkin dapat digolongkan dengan 3 Fase unik. fase ini menurut saya sendiri dan juga beberapa pandangan orang lain serta tentunya pandangan dari netizen itu sendiri.
Fase 1 : Fase Sebelum Google
Fase yang pertama adalah fase sebelum Google lahir. Kita lihat cara berpikir orang sebelum google lahir. Kita lihat sejarah Google yang lahir pada tanggal 4 September 1998.  Kita tengok bagaimana cara orang berfikir pada masa itu. bagaimana orang berkomunikasi pada masa itu, dimana internet masih belum terlalu booming. Mungkin orang masih berkomunikasi dengan cara lama. Pertukaran informasi belumlah terlalu pesat. Mungkin orang berkomunikasi masih di milis-milis, dan beberapa forum-forum kecil. Sedangkan belum adanya suatu engine atau web yang mampu mengubah cara berfikir orang.
Pada masa ini, anak kuliahan yang mungkin sedang mengerjakan skripsi, jika ingin mencari refrensi bahan harus ke perpustakaan terlebih dahulu untuk sekedar mencari buku-buku tebal yang belum tentu semua isinya penting. Masa-masa ini, orang masih berfikir dengan cara lama. Jika ingin mencari sesuatu harus dengan yang REAL atau nyata. Hingga akhirnya orang yang bernama Lawrence E. Page menciptakan sebuah website bernama Google. Yang semboyannya jika diartikan “Akan menjadi besar suatu saat nanti”. Yang tentunya semboyan atau mungkin slogan tersebut sekarang sudah menjadi kenyataan.
Fase 2 : Fase Sesudah Google
Jika pada fase pertama atau fase dimana Google belum lahir orang-orang masih berfikir dengan cara lama. Mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi masih mencari buku refrensi di perpustakaan. Di fase ini orang mulai berfikir dengan cara “Google”. Jika ada pertanyaan langsung saja dicari dengan mengetik beberapa keyword di Google. Dari mulai hal yang penting, sampai nggak penting pun di cari di Google. Bisa dilihat di gambar dibawah adalah cara berfikir ala “Google” :

Betapa mudah dan simplenya bukan cara pemikiran ala “Google” ? Lalu setelah adanya Google, apakah masih ada fase yang lebih maju lagi? Bisa dibilang fase ini adalah fase dari titik balik dan juga fase yang sangat berpengaruh dari berkembangnya dunia website.
Fase 3 : Fase Facebook dan kawan-kawannya!
Jika pada fase kedua orang akan berfikir dengan pola pikir ala Google. Mungkin sekarang orang akan bertindak ala “Facebook”. Ya siapa yang tidak kenal Facebook? Facebook yang sudah meng-klaim sudah memiliki member setengah Milyar ini memang banyak mempengaruhi pola pikir dan perbuatan beberapa jutaan manusia. Sudah beragam kejadiaan bermula dari Facebook. Mulai dari kasus pencemaran nama baik bahkan sampai kasus pembunuhan berasal dari Facebook. Jadi, Facebook berdampak negatif? Tidak juga, ada beberapa orang yang bisa menemukan teman lama, saudara, bahkan sampai ayah kandung yang terpisah puluhan tahun dari Facebook. Tidak hanya itu saja. Masih ingat dengan pergolakan di Mesir yag sampai bisa menggulingkan Presiden yang berkuasa puluhan tahun di negri para Mullah tersebut? Semua pergerakan tersebut berawal dari Situs jejaring Sosial seperti Facebook dan Twitter. Wow, sampai Facebook pun bisa mengubah sejarah suatu negara. Sebegitu besarkah dampak Website dan dunia maya bagi kehidupan nyata.
Lalu apakah dampaknya bagi kehidupan keseharian kita? Mulai dari hal kecil seperti photo album. Jika dahulu orang lebih suka mempunyai album photo dalam bentuk REAL. Sekarang orang-orang lebih tertarik mengupload foto-foto tersebut ke akun Facebooknya, agar orang lain pun juga bisa tahu apa yang sedang dikerjakannya. Apalagi ada fitur Tagging yang dapat membuat orang semakin tertarik mengupload foto-foto pribadinya ke akun facebooknya.
Facebook sendiri pun juga mempengaruhi dunia website dan Internet. Mulai dari login using Facebook Acount sampai berkembangnya AJAX ke beberapa website lainnya. Jika dahulu sebelum era facebook lahir, banyak website yang hanya menonjolkan keunggulan dari segi contain atau system websitenya. Kini Fitur desain dan user friendly pun diperhatikan. Ya, dengan AJAX memang memungkinkan kita mengakses data yang kita kirim tanpa harus meload ulang halaman website tersebut.
Lahirnya facebook juga membuat dunia industri web semakin kreatif. Mulailah muncul start up- start up  baru yang berusaha mengejar persaingan dengan Facebook. Atau menciptkana konsep yang berbeda dari Facebook. Mulai dari adanya Jejaring Sosial berbasis lokasi, berbasis shopping, bahkan sampai berbasis microblogging pun terus bermunculan.
Bisa dibilang ketiga fase tersebut adalah fase yang cukup berpengaruh dalam dunia IT saat ini. Tentunya, saya tidak mengesampingkan terciptanya beberapa teknologi IT lainnya yang tentunya sangat berpengaruh dalam memajukan dan memudahkan Pekerjaan Manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar