Selasa, 01 Mei 2012

Ngintip Password Orang Lain Dengan Firefox





Software yang bertebaran di internet baik yang berbayar maupun yang freeware sangat membantu kita dalam beraktifitas. Tapi ketahuilah sobat tidak selamanya perangkat lunak itu mendatangkan manfaat positif bagi kita. Selalu ada celah untuk diakali yang pada akhirnya mendatangkan kerugian.

Mozilla Firefox misalnya. Berapa Juta orang menggunakan peramban gratis ini dalam berkelana di dunia maya. Dari sekian banyak Browser yang ada Firefoxlah yang paling banyak dipakai karena memang lebih unggul dalam fitur dan kecepatan.

Nah selain keunggulannya ternyata ada pula kelemahanya. Saya ingatkan Sobat yang biasa menggunakan komputer umum (Warnet, kantor, sekolah atau kampus) agar berhati-hati karena Firefox ternyata bisa menyimpan data login (Nama Website, Username dan Password) untuk akun-akun yang pernah kita akses dari Firefox di komputer itu. Password yang pernah kita pakai tetap tersimpan di memory firefox meskipun cookies dan cache sudah kita bersihkan. Kalau komputer lalu dipake oleh orang jahil yang suka otak-atik kemungkinan akan disalahgunakan sehingga akun kita bisa diobok-oboknya.

Dengan Tulisan ini saya ajak sobat untuk mengetahui bagaimana cara mengintip Password Orang lain dengan menggunakan Firefox beserta cara menghindarinya

Buka Firefox, pada Menu Bar klik Tools, lalu pilih Options akan terbuka jendela baru.
Buka "Security" akan ada tampilan seperti ini.

Klik tombol "Saved Password" lalu "Show Password" dan "Yes".

Akan tampil semua data login yaitu Url Website, Username lengkap dengan Passwordnya.


Pengecualian dan Tips menghindari agar terhindar dari bahaya intip password:

1. Data login tidak ditampilkan apabila:
   a. Box “Remember passwords for sites” tidak dicentang
   b. Pemilik komputer menggunakan “Use Master Password”.

2. Setiap login ke akun sobat jangan pernah mencentang kotak ingat password, karena Firefox hanya menyimpan data melalui jalur ingat password

3. Bila terlanjur klik tombol  “remove” atau “remove all” pada  menu “save password” tadi.


Nah sekian Cara ngintip password orang lain dengan Firefox, semoga berguna .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar